Tuesday, September 19, 2017

header web2

Articles

CASHLESS MANULIFE VS REIMBRUSE

Category: Asuransi

 

CASHLESS Manulife VS REIMBRUSE

Bagi pembaca yang sebelumnya pernah membaca artikel Hospital Benefit dan Health Safe, tentunya sudah aware dengan istilah Cashless dan Reimbruse.

Apa sih Cashless itu? dan Apa sih Reimbruse?

Pertama Reimbruse dulu yang dibahas ya, Reimbruse adalah salah satu metode klaim asuransi kesehatan, dengan membayar semua tagihan Rumah Sakit memakai uang pribadi klien, kemudian klien menagihkan ke perusahaan asuransi. Perusahaan asuransi akan membayar sesuai dengan plafon yang didaftar oleh klien.

Cashless adalah salah satu metode klaim asuransi kesehatan, dengan menunjukkan kartu keanggotaan, maka klien tidak perlu membayar DP dan biaya Rumah Sakit, klien akan membayar kelebihan dari plafon yang ditanggung oleh perusahaan asuransi.

 

Nah, saya ingin mengedukasi Anda lewat artikel ini, sebetulnya Cashless itu, prosesnya bagaimana.

Cashless adalah proses dimana perusahaan asuransi mengalihkan pembayaran klaim rumah sakit kepada pihak ketiga. Artinya ada perusahaan lain di tengah-tengah, antara klien dan perusahaan asuransi. Nama Kerennya Third Party Administrator. Dalam asuransi individu Manulife, ADMEDIKA yang ada di tengah-tengah.

 

Pada saat klien ingin klaim, ini gambarannya

KLIEN === ADMEDIKA === MANULIFE

 

Jadi apabila klien akan masuk Rumah Sakit atau, akan membayar tagihan Rumah sakit, maka yang dihubungi oleh Rumah Sakit adalah perusahaan GAMI ini, bukan Manulife.

Di GAMI, mereka mempunyai tim underwriting tersendiri, terdiri dari dokter-dokter yang setiap harinya mengevaluasi, apakah penyakit yang diderita bisa dicover oleh perusahaan mereka pada saat itu juga.

Kalau GAMI tidak bisa mengambil keputusan, maka GAMI menolak klaim Cashless, dan akhirnya klien harus melakukan klaim secara langsung (reimbruse) ke Manulife.

Akibatnya, klien harus membayarkan semua tagihan Rumah Sakit terlebih dahulu.

 

Ada 2 keputusan dari GAMI:

 

  1. Menerima klaim cashless
  2. Menolak klaim cashless

 

Note penting:

Ketentuan pemakaian fasilitas cashless ini cukup ketat. Satu diantaranya yaitu, Tidak boleh Telat Bayar Premi! Jika klien pembayarannya terlewat dari jatuh tempo. Maka Fasilitas Cashless ini akan non-aktif.

Maka, hati-hati untuk pembayaran premi asuransi secara bulanan, yang akan menyebabkan fasilitas cashless non-aktif.

Karenanya, disarankan pembayaran premi asuransi kesehatan, tidak bulanan! karena akan beresiko pada saat klaim. Saran dari saya, metode pembayaran adalah semesteran atau tahunan.

Sebetulnya premi Bulanan boleh-boleh saja, asalkan bayar tepat waktu. Maaf ya, kadang-kadang klien bukannya tidak punya uang untuk bayar premi, tapi lupa euy! Berarti setiap bulan mengingat-ingat jatuh tempo..

Nah, untuk pembayaran bulanan, di Manulife menggunakan sistem autodebet rekening tabungan. Bagian billing Manulife akan mendebet tabungan klien, 1 hari setelah tanggal jatuh tempo. Apabila keesokan harinya adalah hari libur, maka akan didebet pada hari kerja berikutnya. Artinya ada jeda, 1 hari dari tanggal jatuh tempo.

Padahal di saat jeda 1 hari tersebut, fasilitas cashless sudah non-aktif. :(

Cashless memang menarik, tapi klien harus menerima kenyataan ditolak klaim cashless oleh pihak GAMI.


Reimbruse is KEREN

Sekarang kalau Reimbruse, sepertinya metoda ini kurang menarik di jaman sekarang. Dimana cashless merupakan hal yang sangat keren. Tapi coba ditengok sistem reimbruse di Manulife, dimana reimbruse sangat mudah, apalagi kalau agen Anda adalah orang yang bisa diandalkan! Insya Allah, agen Anda yang akan membantu proses klaim.

Proses reimbruse ini ditangani langsung oleh tim underwriting khusus klaim di Manulife. Seperti biasa, tim ini terdiri dari dokter-dokter yang handal. Ada namanya SIMPLE CLAIM di Manulife, dengan ketentuan sebagai berikut:

 

Khusus untuk Hospital Claim

1. Dokumen lengkap

2. Total kwitansi ≤ 5 juta

3. Usia Polis > 2 tahun

4. Klaim Rumah Sakit dalam negeri

 

Simple Claim ini hanya diberi waktu 4 hari kerja!

keren banget ga sih?

Studi kasus aneh:

Kemarin ini saya bantuin klien yang usia polisnya 6 bulan, kuitansi Rp 14juta, Klaim dibayar Manulife Rp 13juta, dan ternyata prosesnya hanya 4 hari kerja juga. Uang masuk ke rekening klien 3 hari kemudian. Padahal standar kerja untuk kasus seperti ini adalah 14 hari kerja loh..

Saya, sebagai agennya sampe terkagum-kagum ama Manulife. Saya bahagia bisa membantu klien saya, dikala susah, dan saya bangga terhadap Manulife yang meng-akomodir kebutuhan klien saya.

Reimbruse, bisa diakali dengan cara sebagai berikut, klien ketika masuk Rumah sakit bisa membayar dengan kartu kredit dan tabungan, tapi selanjutnya buru-buru semua dokumen dilengkapi, dan dikirim ke agennya, supaya agen dapat membantu proses klaimnya. Kalau sesuai rencana, maka 14 hari kemudian, uang akan ditransfer ke rekening klien. Dan tagihan kartu kredit bisa dibayarkan sebelum jatuh tempo bulan berikutnya.

so, reimbruse bisa berubah jadi cashless, dengan kartu kredit pribadi deh!

satu lagi, Reimbruse bisa sangat berguna untuk double claim. Karena dengan metode reimbruse, klien bisa klaim di 2 perusahaan yang berbeda.

 

Dan di sisi Manulife, Double Claim hanya menyertakan

1. Form yang diisi dokter

2. Resume Medis

3. Copy Kuitansi legalisir, rincian biaya

4. Surat keterangan dimana kuitansi asli berada

 

sangat mudah double claim di Manulife. :) I love it.

 

bagaimana?

masih bingung mengenai cashless atau reimbruse?

 

Sebetulnya, itu terserah Anda. Lagi pula Cashless hanya menambah Rp 150ribu per tahun per peserta. Jadi tidak usah pusing mikir biaya cashlessnya.

 

dan Reimbruse, jangan dilupakan begitu saja. Saya siap membantu Anda, sebagai agennya! Jadi klien saya yeee.. muach-muach

 

cheers,

 

 

Devi Dimitra Maksum
UM J. Gamma Fortuna
Tel/WA. 08551027107
Pin BB: 7D20960A
Email. This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

banner termlife

CONTACT INFO

Devi Dimitra Maksum
Unit Manager J. Gamma Fortuna

-- term life specialist --

 

Email: devidimitra@gmail.com
Phone/WA: 08551027107
Pin BB: 519747D0

Nomor Lisensi AAJI = 11305385

 

 

Video Portfoliokita

Klik link di bawah ini untuk lihat VIDEO penjelasan dari materi-materi di Web Ini.

ME AND MY CLIENTS

Photo Flipbook Slideshow Maker