Saturday, November 25, 2017

header web2

UNIT LINK UNTUK PEMULA

UNIT LINK UNTUK PEMULA

Category: Asuransi

Hallo temen-temen,
setelah artikel2 sebelunya mengenai Asuransi Tradisional, disini saya mencoba menjelaskan secara gamblang, pemahaman mengenai Asuransi Unit Link

Kenapa saya bilang pemula? Karena saya juga pemula! Jadi kalau ada salah pemahaman atau salah ketik, tolong kirimkan komentar Anda, langsung ke JAPRI ya!

Asuransi Unit link mempunyai sifat yang sangat TRANSPARAN dan FLEKSIBEL. Nanti kita bahas pelan-pelan dua sifat tersebut.


Dalam berinvestasi dan bermain saham di bursa efek, membutuhkan paling sedikit uang Rp 100juta, dan itu pun harus dibekali dengan pengetahuan tentang perusahaan-perusahaan yang sedang menjadi pusat perhatian, noted: kalau menjadi pusat perhatian, nilai saham perusahaan tersebut akan naik secara berkesinambungan.


Masalahnya, Kita ini masyarakat dengan jumlah tabungan pas-pasan, tapi kepingin ikut menikmati untung besar seperti para pemain bursa efek. Untuk itulah, bagi kita yang minim pengetahuan mengenai INVESTASI, UNIT-LINK ini diciptakan.


Unit link adalah perkawinan antara ASURANSI TERM dan INVESTASI, huah! dengan adanya Unit Link, kita bisa meng-investasikan uang kita 'yang sedikit' itu.. :)


Kalau kita mencoba berinvestasi di REKSADANA, maka diri kita tidak akan dilindungi asuransi.

Begini, kalau kita meninggal dunia atau sakit, kita hanya bisa menarik uang yang di-investasikan beserta bunganya.

TETAPI, Jika Anda mengambil Asuransi Unit-Link, disamping berinvestasi, Anda memiliki proteksi penghasilan, proteksi penyakit, atau lainnya.


ANDA INGIN TAMBAH KAYA? INGIN PUNYA ASURANSI JIWA? Ya UNIT-LINK Jawabannya.

Eittttt.... memang sih, kita bisa menambah jumlah tabungan kita dengan ikut investasi di Unitlink ini, tapi jangan lupa.. INVESTASI juga mengenal RESIKO KERUGIAN.

Yah! KERUGIAN..

Ngeri yah???

Lagian mau untung, tapi pas dibilang KERUGIAN, langsung mendelik... tenang.. tenang!  :)

KENALI PROFIL RESIKO Anda, sebelum meng-investasikan uang Anda, itu pesan saya yah!

Yang perlu digarisbawahi, dalam berinvestasi, ada jargon: high risk high gain..kalo mau untung besar, harus siap rugi besar...


Nah, INVESTOR dibagi 3 tipe, termasuk manakah Anda?

  1. TIPE KONSERVATIF
  2. TIPE MODERAT
  3. TIPE AGRESIF

 


Tipe Konservatif: Investor yang mencari RESIKO RENDAH, walau konsekuensinya PENDAPATAN dan PERTUMBUHAN RENDAH.
Tipe Moderat: Investor yang mencari PENDAPATAN dan PERTUMBUHAN dengan RESIKO MENENGAH (artinya masih mampu menerima resiko sedikit lebih banyak dari konservatif).
Tipe Agresif: Investor yang mencari PENDAPATAN dan PERTUMBUHAN TINGGI  dengan siap menerima  RESIKO TINGGI.

Oke, Kalau Anda sudah tahu, termasuk tipe manakah Anda, sekarang kita masuk ke tahap berikutnya.

INVESTASI atau TABUNGAN ANDA itu, harus diatur sesuai dengan Tipe Anda, ada 3 jenis Investasi yang harus Anda ketahui:

  1. SAHAM
  2. OBLIGASI
  3. PASAR UANG


apa pula Saham, apa pula Obligasi, dan Pasar uang.. apaan tuh?


SAHAM atau EKUITAS,
adalah surat pernyataan kepemilikan atas suatu perusahaan yang sudah GO PUBLIC, diterbitkan oleh perusahaan yang bersangkutan.
Untuk bisa dimengerti orang awam: Kita dan perusahaan itu, sama-sama memiliki hak yang sama atas keuntungan perusahaan, jadi kalo perusahaan lagi untung, kita juga untung, dan perusahaan lagi buntung, kita juga ikut menangis darah.. huaaaa uangku melayangggg...


OBLIGASI, adalah surat pernyataan hutang yang diterbitkan oleh pemerintah atau badan usaha Indonesia, dimana penerbit akan membayar bunga dan waktu tertentu.
Bahasa mudahnya: Perusahaan tersebut meminjam uang kita untuk biaya operasional perusahaan, dan kalau sudah waktunya, uang dikembalikan beserta bunganya, resikonya sedikit lebih rendah dari saham, tapi kalau perusahaan lagi untung besar, kita hanya bisa menyelamati saja, gak bisa ikutan bahagia, tapi enaknya, uang kita tetap dikembalikan utuh beserta bunga.


PASAR UANG, adalah instrumen investasi atau Surat Utang Negara yang memiliki jatuh tempo kurang dari satu tahun.
Heem, pasar uang adalah yang paling aman dalam berinvestasi, tapi keuntungan sedikit, karena uang kita di-depositokan di bank oleh pihak asuransi, kadang dibelikan Sertifikat Bank Indonesia, dan tahu sendiri, kalau deposito itu bunganya rendah sekaleeee... dijamin aman sih


DOOOORRr... jangan bengong gitu ah, dah punyeng bacanya? blum selesai tauuuu...

 

Asuransi Unit link sangat-sangatlah kompleks.. sampai saya sebagai agen harus menerangkan dengan jelas dan teliti kepada nasabah, karena asuransi ini mengenal RESIKO dan Instrumen Investasi, sedangkan kalau di asuransi tradisional, tidak ada faktor resiko yang ditanggung nasabah, dan Investasinya diolah oleh perusahaan asuransi.

sekarang,

kita bahas STRUKTUR PREMI di Asuransi Unit Link
YEAHHH... karena sifatnya yang TRANSPARAN, Asuransi ini menjelaskan dengan transparan, dalam menerangkan semua BIAYA-BIAYA yang berkaitan dengan programnya. Biaya tersebut antara lain

- Biaya Pemeliharaan (Gedung, Komisi Agen, dll)
- Biaya Asuransi per tahun
- Biaya Administrasi
- Biaya Investasi

Jangan kaget yah, kalau PREMI TAHUN PERTAMA dan TAHUN KEDUA yang Anda setorkan, tidak membentuk nilai investasi di POLIS Anda. Kenapa? Karena di Tahun 1 dan 2, Peserta harus menanggung biaya pemeliharaan yang cukup besar.

Biaya Asuransi akan dibayarkan setiap tahun, dengan pertumbuhan PREMI yang sudah ditentukan.
Biaya Administrasi dibayarkan setiap bulan.
Biaya Investasi dibayarkan setiap tahun.

Biaya Asuransi TERM akan ditagihkan ke Anda, seumur hidup! Betulll seumur hidup.. tapi karena Asuransi Unit Link ini, pada tahun ke-10, diramalkan sudah mendapatkan hasil tabungan yang banyakkkk, maka biaya asuransi di tahun ke-11 dan seterusnya tidak lagi ditagihkan langsung ke Anda, tapi dipotong dari hasil investasi saja.. enak to, gak usah mikir!




PREMI YANG DIBAYARKAN
|
|
--------------------------
|                         |
BIAYA-BIAYA       INVESTASI




Karenanya, setiap perusahaan asuransi punya kebijakan yang berbeda dalam mengalokasikan PRESENTASE investasi nasabahnya.
Di Manulife Financial, untuk program Manulife Investa 10 tahun

Tahun 1-2  : 30%
Tahun 3-4  : 35%
Tahun 5-6  : 45%
Tahun 7-8  : 70%
Tahun 9-10 : 90%


Agen-agen yang mempresentasikan asuransi Unit Link, kadang lebih cenderung memperlihatkan hasil MAKSIMUM yang akan didapat oleh nasabah. Tahu sendiri manusia? Kalau Lihat nilainya banyak sekali, apalagi dibandingkan premi yang dibayarkan.. langsung deh, diambil tanpa pikir panjang!  

Padahal tingkat bunga dalam investasi, tidak bisa diprediksi loh.. SERIUS! tidak bisa diprediksi!

Tulisan-tulisan angka yang menghebohkan dalam illustrasi, tidak akan ada dalam polis Anda. Jadi ini yang harus Anda pahami, sebelum memutuskan UNIT LINK diciptakan buat Anda!  POINT di bawah harus diingat yah!

APAKAH ANDA MAMPU MENERIMA RESIKO UANG ANDA HILANG?


SEBERAPA BESAR RESIKO YANG ANDA BISA TERIMA?


ANDA TIDAK BOLEH MENYALAHKAN AGEN ASURANSI YANG MENJUAL UNIT-LINK TERSEBUT, APABILA NILAI TABUNGAN ANDA TIDAK SESUAI DENGAN ILLUSTRASI/PROPOSAL SEBELUMNYA.


-- ingat loh, yang jadi acuan hukum bagi perusahaan asuransi dan Anda, adalah POLIS Asuransi Anda. Sedangkan Nilai-nilai dalam illustrasi, tidak akan ditulis dalam polis tersebut, artinya, bahkan perusahaan Asuransi pun tidak menjamin nilai itu dapat dibayarkan sesuai JANJInya.. :)

ok People!
Anda sudah tahu sebagian besar pernak-pernik Asuransi Unit-link, tapi tetap saja, mungkin ada yang kurang.. karena saya blum
menerangkan apa itu
- UNIT
- TOP UP
- REDEMPTION
- SWITCHING
- HAK MEMPELAJARI POLIS


PEMULA! inget, baru PEMULA loh! jangan napsu dulu, kalo keterangan lengkapnya.. tanya kepada agennya langsung laaa... sama saya juga boleh.. tapi saya membawa produk Manulife Financial yah.. hehehe

UNIT LINK KEREN, UNIT LINK HEBAT, tapi apakah ini buat Anda? Anda sendirilah yang menjawabnya.



Devi Dimitra Maksum
Manulife Financial
http://www.portfoliokita.com/
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
08551027107, 70969027