Tuesday, August 22, 2017

header web2

Syariah

Halo Pengunjung Web Portfoliokita, 

berikut saya akan membahas mengenai Asuransi Syariah Manulife, Semoga penjelasan di bawah ini bermanfaat buat Anda dalam mengambil keputusan keuangan Anda dan Keluarga.

 

Pengertian Asuransi Syariah
Usaha saling melindungi dan toong menolong di antara sejumlah orang/pihak melalui investasi dalam bentuk aset dan/atau Tabbaru yang memberikan pola pengembalian untuk menghadapi risiko tertentu melalui akad (perikatan) yang sesuai dengan Syariah. (Fatwa DSN MUI No.21/DSN-MUI/IX/2001)

tulisan di atas di ambil langsung dari brosur asuransi Syariah Manulife.

Tidak ada jalan untuk  memahami asuransi syariah secara Instan, Saya hanya memberikan sedikit pemahaman yang saya pahami dari produk Manulife.


Asuransi Syariah di Manulife bernama Berkah Save Link. Dimana di dalamnya terdapat konsep Tabbaru dan Investasi Syariah.

 

Apa sih tabbaru?

Berikut penjelasannya: Setiap peserta yang bergabung dalam asuransi syariah akan membayar uang untuk dikumpulkan sebagai dana Tolong menolong antara peserta.  Apabila ada peserta yang meninggal dunia atau harus masuk rumah sakit, maka dana tabbaru inilah yang akan menanggung kemalangan peserta tersebut. Jadi dana tabbaru betul-betul ditujukan untuk menolong sesama peserta.

Manulife sebagai pengelola dana tabbaru tidak boleh mengambil keuntungan dari dana tersebut, jadi tidak seperti di produk manulife yang lain. Dalam produk Berkah Save Link, uang yang disetor dimasukkan ke dalam rekening tersendiri dan dikelola tersendiri, bebas dari unsur riba.

Pengelolaan dana ini diperiksa setiap bulan oleh dewan syariah, supaya dapat dipertanggungjawabkan kebersihan dananya.

Dana tabbaru yang dikumpulkan dalam satu tahun, digunakan untuk membayar klaim dari peserta. Jika ada kelebihan dana tabarru yang tersedia di akhir tahun. Maka kelebihan tersebut akan dibagikan ke peserta dalam bentuk unit.

Kelebihan dana tersebut yang dinamakan Surplus Underwriting.

Dalam Asuransi Syariah, tidak ada konsep Premi hangus. Karena pada dasarnya Uang TABBARU yang dibayarkan kepada Manulife ditujukan untuk menolong peserta asuransi syariah yang sedang kena musibah. (Meninggal/Sakit)

Kemudian sisa dari Tabbaru tersebut akan dibagikan kepada Peserta yang lain yang TIDAK KLAIM, setiap akhir tahun buku. (sekitar bulan Maret).

Sambil menunggu akhir tahun, sepanjang tahun uang Tabbaru diinvestasikan Manulife dalam portfolio syariah. Pengelolaan dana syariah ini diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah Manulife Indonesia. Dan tentunya DPS ini dikirim langsung dari Dewan Syariah Nasional Indonesia.

Saat ini persentase Surplus Underwriting Manulife sangat bagus. Ini menandakan seleksi resiko yang diterapkan oleh Manulife cukup ketat terhadap calon kliennya. Hal itu menyebabkan tingkat klaimnya rendah.

DIVISI yang Terpisah

Manulife sangat serius dalam memegang amanah kliennya, karenanya didirikan satu divisi Syariah yang khusus menangani pengelolaan dana yang masuk dan juga terjadi pemisahan underwriting (seleksi resiko) khusus untuk syariah Manulife.

Sehingga dana yang dikelola Manulife Syariah, Insya Allah tidak bercampur dengan dana yang dikelola oleh divisi konvensional pada umumnya.

Pilihan Dana Investasi yang tersedia di Berkah Save Link.

- Manulife Dana Pasar Uang Syariah
- Manulife Dana Berimbang Syariah
- Manulife Dana Ekuitas Optima Syariah

 

Catatan Penting:

Divisi Underwriting Asuransi Syariah Manulife terpisah dari Divisi Underwriting Asuransi Konvensional Manulife. Ini menyebabkan Anda yang sudah mempunyai UP Jiwa di Asuransi Konvensional Manulife, bisa menambah UP di syariah Manulife, dan UP Jiwa tidak akan dihitung Total Resikonya.

 

Di bulan Agustus 2016 ini, Manulife meluncurkan beberapa Rider (asuransi tambanan) dalam waktu bersamaan, sehingga asuransi syariah Manulife mempunyai pelayanan yang lengkap.

Pada saat ini asuransi tambahan yang tersedia di asuransi Syariah Manulife (Berkah Save Link)

- Berkah HealtSafe
- Manulife Berkah Medicare Plus (NEW)
- Manulife Berkah Crisis Cover Protection (NEW)
- Berkah Waver of Basic Contribution 
- Berkah Payor Benefit Plus (NEW)
- Manulife Berkah Income Replacement (NEW)
- Berkah Accidental Death & Disability Benefit 
- Berkah Yearly Renewable Term (NEW)

MEMAHAMI PERBEDAAN ASURANSI KESEHATAN SYARIAH dan KONVENSIONAL

Premi/Tabbaru yang dibayarkan untuk Asuransi Kesehatan Syariah, akan dikelola oleh Manulife untuk membayar klaim peserta lainnya, dan sebagian diinvestasikan di portfolio syariah. Karenanya Sisa dari dana Tabbaru dikembalikan kepada klien dalam bentuk Unit. Tadi diatas kita bahas panjang lebar mengenai Surplus Underwriting. 

disinilah perbedaan dengan asuransi kesehatan Konvensional.

Dimana Asuransi kesehatan Konvensional tidak mengenal konsep Surplus Underwriting. Apabila Klien tidak Klaim di tahun itu, maka premi yang dibayarkan akan hangus. 

 

Semoga ulasan pendek mengenai Asuransi Syariah di Manulife ini, bisa sedikit memperjelas. Untuk detail Produk Asuransi Syariah Manulife beserta Ridernya, Anda bisa lihat di artikel khusus syariah.

Silahkan yang mau lihat video penjelasan mengenai asuransi Syariah Penjelasan Asuransi Syariah dari DEVI DIMITRA

 

 

Sebagai Referensi Tambahan Lihat Video CERDAS 5 MENIT dari Manulife berikut ini

 

Wassalamualaikum wr.wb.

 

Devi Dimitra
UM. J. Gamma Fortuna
Tel/WA. 08551027107

 

 

Category: Syariah

BERKAH SAVE LINK
Asuransi Berbasis Syariah dari Manulife Financial.

Manulife Financial memang berdirinya di Kanada, dan di Indonesia dan beberapa negara lainnya warganya banyak yang ingin memiliki asuransi berbasis syariah, maka diciptakanlah program ini oleh Manulife Financial sesuai dengan kaidah-kaidah syariah yang berlaku.

Asuransi syariah yang di Manulife bentuknya Unit-link.

Mekanismenya seperti ini
- Fleksibel dalam menentukan Manfaat Pertanggungan
- Fleksibel dalam Menentukan Besar dan Jenis Investasi
- Pembagian Surplus Tabbaru.

Tabbaru adalah sejumlah uang yang diikhlaskan oleh Peserta (Tertanggung) untuk keperluan tolong menolong, apabila Peserta atau Para Peserta mengalami suatu musibah yang dipertanggungkan.

Pemegang Polis harus menentukan besaran Saving-Up per tahun pada saat pengajuan dan dapat melakukan Top Up setiap saat yang seluruhnya adalah Alokasi Investasi.


PREMI yang Dibayarkan terdiri dari beberapa komponen
1. Kontribusi Dasar  
2. Saving Up


Minimum Kontribusi Dasar di Berkah Save Link = Rp 4.000.000
Kontribusi Dasar yang dibayar antara lain
- Uang Pertanggungan/Tabbaru
- Biaya Bulanan
- RAIDER ADDB/Waiver of Premium/HEALTHSAFE

Minimum Saving Up = Rp 1.000.000

Jadi bila Anda ingin mengambil minimum premi dari Program ini, adalah Rp 5.000.000 per tahun.


ingat kan, Minimum Saving Up Rp 1.000.000

nah, mau dikemanakan uang Rp 1 juta itu?
disinilah Anda bisa memilih instrumen investasinya:
1. Manulife Dana Ekuitas Syariah
2. Manulife Dana Berimbang Syariah
3. Manulife Dana Pasar Uang Syariah




Manfaat Pertanggungan :
a. Manfaat Meninggal. Apabila Peserta (Tertanggung) meninggal dalam masa Pertanggungan, Pengelola membayarkan Manfaat Meninggal sesuai Uang Pertanggungan ditambah dengan Nilai Polis (jika ada) dikurangi kewajiban-kewajiban lainnya (jika ada).

b. Manfaat Akhir Pertanggungan. Apabila Peserta (Tertanggung) hidup hingga usia 75 (tujuh puluh lima) tahun, Pengelola membayarkan sesuai Nilai Polis (jika ada) dikurangi kewajiban-kewajiban lainnya (jika ada).


Pemegang Polis dapat melakukan Pengambilan Unit/Penarikan Sebagian dari Nilai Polis (Partial Surrender) setiap saat.


Alokasi Investasi dan Fee Pemeliharaan Polis terhadap Kontribusi Dasar sebagai berikut:

  KONTRIBUSI DASAR
TAHUN 1 TAHUN 2 TAHUN 3 TAHUN 4 TAHUN 5
Alokasi Investasi 30% 35% 45% 55% 100%
Fee Pemeliharaan Polis 70% 65% 55% 45% 0%

Fee Bulanan sebesar Rp. 30.000 (tiga puluh ribu rupiah).
Fee Pengelolaan Dana Investasi sebesar 2% (dua per seratus) per tahun dari dana yang
dikelola.



Sedikit info tentang syariah: [diambil dari Forum Detik]
Dalam Asuransi Syariah berlaku konsep RISK SHARING. Artinya, dana yang dibayarkan oleh peserta dikumpulkan dalam satu rekening khusus/ rekening Tabbaru, dimana perusahaan asuransi tidak boleh mengutak-atik dana tersebut tanpa persetujuan peserta.

Dalam asuransi syariah, dana yang terkumpul tersebut digunakan untuk membayar klaim dari para peserta itu sendiri. Jadi disini berlaku asas saling tolong menolong di antara para peserta.

Perusahaan asuransi hanya berlaku sebagai: administrator/underwriting, kolektor dan fund manager. Apabila dana dalam rekening tabbaru tersebut pada akhir periode ternyata masih ada sisa, maka sebagian dana tersebut ditahan dalam rekening tabbaru dan sisanya dibagi antara nasabah dan perusahaan asuransi.

Apabila dalam suatu periode tertentu dana yang terdapa dalam rekening tabbaru mengalami defisit, maka perusahaan asuransi meminjamkan dananya ke rekening tabbaru tanpa dikenakan bunga.

Dengan konsep ini unsur judi yang dibilang Media jadi tidak ada, karena tidak ada yang rugi kan? Dapat klaim atau tidak bukan urusan, karena sejak awal uang preminya kan dianggap infak untuk membantu orang lain yang sedang mendapat musibah.


[akhir dari info forum]


Intinya apa dong, ikhlas laa.. Anda ingin berasuransi dengan program syariah, yah tidak usah dipikirkan apakah uangnya hangus, uangnya dapat bunga berapa persen. Lah kan kita hanya RISK SHARING, Untung dibagi bersama, Rugi dibagi bersama. Kalau Anda kebetulan diberi anugrah sehat wal afiat sampai tua, itu merupakan Berkah bagi Anda.

Karenanya Berkah Save Link diciptakan untuk Anda.


Untuk berinfaq bersama di Manulife, bisa melalui saya. Kita bisa belajar bersama-sama bagaimana mengelola keuangan keluarga dengan baik. Insya Allah saya mencoba memberikan solusi sesuai kebutuhan Anda.



cheers,


Devi Dimitra Maksum
Manulife Financial
http://www.portfoliokita.com
Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Phone : 08551027107

Category: Syariah

Subcategories

Rider Syariah

Di bulan Agustus 2016 ini, Manulife meluncurkan beberapa Rider (asuransi tambanan) dalam waktu bersamaan, sehingga asuransi syariah Manulife mempunyai pelayanan yang lengkap.

 

Pada saat ini asuransi tambahan yang tersedia di asuransi Syariah Manulife (Berkah Save Link)

- Berkah HealtSafe  => (Rawat Inap)
- Manulife Berkah Medicare Plus (NEW) =>  (Rawat Inap)
- Manulife Berkah Crisis Cover Protection (NEW)  => (asuransi Penyakit kritis)
- Berkah Waver of Basic Contribution 
- Berkah Payor Benefit Plus (NEW)
- Manulife Berkah Income Replacement (NEW)
- Berkah Accidental Death & Disability Benefit (NEW)
- Berkah Yearly Renewable Term (NEW)  

 

 

 

Article Count:
1

banner termlife

CONTACT INFO

Devi Dimitra Maksum
Unit Manager J. Gamma Fortuna

-- term life specialist --

 

Email: devidimitra@gmail.com
Phone/WA: 08551027107
Pin BB: 519747D0

Nomor Lisensi AAJI = 11305385

 

 

Video Portfoliokita

Klik link di bawah ini untuk lihat VIDEO penjelasan dari materi-materi di Web Ini.

ME AND MY CLIENTS

Photo Flipbook Slideshow Maker